langkah-langkah mengganti theme atau background dalam blog

pengen ganti theme atau backdround di blog mu??

gampang kok, ikutin langkah-langkahnya yaah πŸ˜€

  1. pastikan kamu udah log in di wordpress
  2. arahkan panah ke tulisan Blog di bagian kiri atas halaman, setelah muncul beberapa tulisan dibawahnya, klik yang tulisannya Dashboard
  3. nah muncullah halaman baru, cari tulsan “Select your theme” di sebelah kanan halaman
  4. bisa juga dengan klikΒ Appearance di sebelah kiri halaman
  5. nanti akan muncul dengan sendirinya halaman Manage Themes, kalo nggak keluar halamannya, kan ada tuh beberapa tulisan dibawahnya, klik Theme (paling atas)
  6. pilih aja theme yang kamu suka
  7. kalau sudah ketemu, kamu bisa langsung mengaktifkannya dengan cara klik Activate *kalau free, bukan premium*, untuk yang premium akan ada keterangan di bawahnya Purchase… for example “Purchase $45.00
  8. kalau ingin melihat tampilannya terlebih dahulu, bisa dengan klik Preview, kalau suka klik Activate yang ada di sebelah kanan atas. kalau tidak suka bisa klik tanda X (close) di sebelah kiri atas halaman.
  9. Udah deh πŸ™‚

Selamat mencoba πŸ˜€ πŸ˜€

cara memposting atau membuat artikel dalam blog?? yuuk baca yuuk :)

merasa pengguna baru di dunia blog?

pengen bikin artikel atau memposting, tapi nggak tau caranya??

baca nih baca yaaa πŸ™‚

  • cara pertama
  1. buka browser yang tersedia di komputer yang kamu gunakan
  2. ketik link ini http://wordpress.com di address bar browser kamu
  3. log in blog kamu *pastikan kamu udah punya akun disana yaa* hehe
  4. nanti akan muncul home kamu, terus di bagian kiri atas ada yang tulisannya “Blog“, arahin panahnya kesitu, kan muncul tuh dibawahnya tulisan-tulisan, klik yang “Dashboard” (paling atas)
  5. cari di bagian kanan halaman ada kolom “QuickPress”
  6. isi judulnya di kolom title.
  7. kemudian kolom content di isi dengan artikel yang akan kamu posting
  8. kolom tags diisi minimal 3 kata terkait dengan artikel
  9. setelah semua itu terlaksana dengan baik, klik save draft atau publish(*)

itu cara cepatnya kalo mau bikin artikel di blog kamu πŸ˜€

  • cara kedua
  1. setelah log in, klik tulisan Me di bagian kiri atas halaman
  2. setelah halamannya muncul, klik Dashboard di bagian kiri halaman
  3. kemudian klik kategori Post, dibawahnya ada beberapa tulisan, klik yang “Add New
  4. isi judul artikel mu di kolom paling atas
  5. kolom yang paling besar itu di isi dengan artikel yang akan kamu bikin, disini memliki lebih banyak fasilitas dan option dibanding cara pertama
  6. jangan lupa menuliskan catehory artikel kamu, kolomnya ada di sebelah kanan halaman yang bertuliskan Categories. Jika belum tersedia atau ingin menambah category, klik “+Add New Category” lalu beri tanda cek (centang)
  7. kemudian isi tags-nya, kolomnya ada di bawah kolom categories tadi, kalau sudah klik Add
  8. kalau sudah selesai semuanya, klik save draft atau publishΒ (*) di bagian kanan, kolom paling atas
  9. klik view post untuk melihat post kamu πŸ™‚

(*)Β publish diklik jika kamu ingin mempublikasikan post/artikel tersebut

Selamat mencoba πŸ˜€

nggak tau cara mendaftar di wordpress ?!!

di dunia internet ada banyaaak banget media pembuat blog..salah satunya disini nih http://wordpress.com !!

bagi kalian yang belum punya blog, ayo bikin !! untuk mendaftar, ikuti langkah-langkahnya yaa πŸ˜‰

  1. pastikan komputer kamu terhubung dengan jaringan INTERNET, atau kalau nggak punya komputer ke warnet aja πŸ˜›
  2. nah buka browser favorit kamu, hehe
  3. ketik link iniΒ http://wordpress.com di addres bar browser kamu πŸ™‚
  4. kalau loadingnya cepet, nanti akan langsung muncul halaman utama WordPress, kemudian klik tombol yang bertuliskan “Get started here” atau bisa juga tuh kilik tulisan kecil dibawahnya “sign up now
  5. nanti akan muncul halaman dengan beberapa kolom-kolom yang harus diisi, untuk kolom Blog Address (paling atas) itu diisi alamat blog kamu yang seseuai dengan keinginan kamu, dianjurkan menggunakan huruf kecil saja πŸ˜› (*)
  6. kolom username diisi sesuka mu
  7. bikin passwordnya, pastikan password aman dan hanya diketahui kamu sendiri, terus yang mudah di inget aja yaa.. *pengalaman banyak yang lupa password sendiri* πŸ˜›
  8. di kolom E-mail Address, masukin alamat emailmu yang akan kamu hubungkan dengan blog baru mu itu
  9. pilih bahasa yang akan kamu gunakan saat nge-Blog di kolom “Blog Posts Language
  10. setelah selesai mengisi semua kolom, klik “sign up
  11. nah, muncul lagi kan halaman yang harus diisi data-data kamu, kalau udah langsung klik aja “save profile
  12. tinggalkan sebentar page wordpressnya, tapi jangan di tutup !! :0
  13. nah beralih dulu ke E-mailmu, buka kotak masuknya
  14. nanti akan ada pesan dari wordpress, klik untuk membuka pesan itu. Pesan itu berfungsi untuk mengkonfirmasi blog kamu πŸ™‚
  15. terus klik tulisan yang berwarna biruΒ !!
  16. blog kamu siap digunakan πŸ™‚

(*)Β dalam pengisian alamat, jika muncul tulisan “Sorry, that site already exists” dibawahnya, itu berarti alamat blog yang kamu bikin udah ada yang punya..coba gunakan kata lain yaa sampai keluar tulisan “….. is available” for example : elisadini.com is available.

selamat mencoba πŸ™‚ πŸ™‚